Jumatan Bersama Anak-anak

Pulang Jumatan ~ Januari 2019

Selamat hari Jum'at. #jumatberkah.
Hari Jumat adalah hari yang spesial. Hari Jum'at adalah hari raya umat Islam. Pada hari Jumat disunnahkan banyak bersholawat dan bersedekah. Juga disunnnahkan lebih banyak baca Quran dan berzikir. Juga disunnahkan potong rambut dan potong kuku. Dan lain-lain. Hari  Jumat beberapa pedagang, tukang bengkel, merayakannya dengan libur tidak jualan. Ada pula madrasah yang libur pelajaran di hari Jumat tapi masuk di hari Minggu.

Betapa spesial hari Jumat sampai ada Surat dalam Al Qur'an berjudul Surat Al Jumuah.
Pulang Jumatan ~ September 2016
Di media sosial, tiap hari Jumat selalu menjadi trending topik hashtags #jumatberkah, ada pula hashtags #TGIF singkatan dari Thank God It's Friday. Mungkin bagi sebagian orang merayakan spesial hari Jumat bukan karena hari raya umat muslim. Tapi karena Hari Jumat dekat dengan weekend, bagi sebagian besar PNS, atau karyawan kantor, Sabtu dan Minggu adalah hari libur kerja, Jumat jadi penanda bentar lagi libur.

Satu hal yang membuat spesial hari Jumat adalah adanya sholat Jumat. Sholat Jumat bagi laki-laki muslim wajib melaksanakan berjamaah. Masjid -masjid di hari Jumat siang jadi spesial karena hadirnya jamaah yang banyak.

Pulang Jumatan - Oktober 2016

Bagi ayah atau bapak rumah tangga, khususnya yang memiliki anak laki-laki. Sholat Jumat menjadi lebih spesial karena momen dimana ayah dan anak pergi ke masjid untuk sholat berjamaah.

Adalah pembelajaran untuk mengajak anak-anak ke Masjid. untuk sholat Jumat. anak-anak yang masih kecil belajar sholat berjamaah, belajar memenuhi kewajiban agama.

Pengalaman saya mengajak anak-anak Jumatan sejak belum sekolah TK. Ada saatnya pada hari Jumat pakai mobil ke masjid untuk merayakan hari raya, mobil yang biasa jarang dipakai di hari lain. Ada saatnya Jumatan pakai motor, karena mengejar waktu jemput sekolah dan azan sangat mepet. Ada saatnya saat mendengar khotbah, Mas Jalu, Mas Jaka, Mas Jaya tertidur dengan pulasnya (pakzam juga hehe). Ada saatnya, dulu saat menyimak khotbah Jumat di masjid, Jaya malah main air di tempat wudhu, dikira mungkin kolam renang, Jaya pun sholat jumat dengat baju basah kuyup.
Pulang Jumatan ~ November 2016
Tapi Alhamdulillah kini Jaya lebih mengerti, sudah bisa sholat Jumat lebih tertib bersama kakak-kakaknya, Mas Jalu dan Mas Jaka.

Kalau hari Jumat, sedang di luar kota, kadang berpikir. Anak-anak jumatannya gimana

Selamat merayakan Jumat berkah, jangan lupa berbahagia.



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer